Solusi Ekonomi Syariah yang ditawarkan KADIN Palembang untuk bangkitkan UMKM

#Langkah Awal Wujudkan Komitmen Pengembangan Ekonomi Syariah untuk pemberdayaan UMKM
ONews-id.com (Sumsel) – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Palembang berkomitmen untuk menjadi bagian penting dalam program pengembangan ekonomi syariah, terutama untuk pemberdayaan dan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kota Palembang.

Hal ini di sampaikan ketua KADIN Kota Palembang, H. M Akbar Alfaro, B.Bus, M.M dalam Webinar Ekonomi Syariah untuk Bangkitkan UMKM bersama KADIN Kota Palembang, Sabtu (19/6/2021).

Menurutnya, webinar yang merupakan kelanjutan kerjasama (MoU) antara KADIN Kota Palembang dibawah payung Kadin UstadzPrenuer Kota Palembang dan Superhand, Aplikasi Muslim karya anak bangsa terbesar di Indonesia, yang merupakan wujud konkret upaya KADIN Palembang untuk mendorong kebangkitan UMKM melalui pengembangan ekonomi syariah.

Lebih lanjut, Akbar menjelaskan, dimasa Krisis dan turbulensi ekonomi akibat Pandemi Covid-19 seperti saat ini, sektor UMKM menjadi garda terdepan dalam mempertahankan stabilitas ekonomi nasional dan keberadaan UMKM menjadi sangat vital. Karena kontribusi dari UMKM telah mencapai 60% Produk Domestik Bruto (PDB).

“Di saat sebagian perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan, UMKM punyai peran strategis dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional” ujar anggota DPRD kota Palembang ini.

Menurutnya, UMKM umumnya dibangun dan dijalankan sebagai alternatif saat sulitnya mencari pekerjaan. Dan UMKM juga kerap menjadi alternatif untuk mengurangi angka pengangguran di masyarakat.

“KADIN kota Palembang sangat konsen untuk pemberdayaan dan pengembangan UMKM dan pengembangan ekonomi syariah. Karenanya, kita ada potensi besar ekonomi syariah untuk membantu membangkitkan UMKM, kita ingin mengambil bagian penting dalam program pengembangan ekonomi syariah tersebut” jelas akbar.

Pada kesempatan yang sama, Jamil Abbas, B.Comm, MBA, Deputy Director – Islamic Financial Inklusion, Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS) menjelaskan tentang kebijakan pengembangan ekonomi syariah di Indonesia dan fungsi KNEKS sebagai katalisator pertumbuhan ekonomi syariah nasional dibawah payung peraturan presiden no. 27 tahun 2020 tentang Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah.

Baca Juga  Ketua DPRD OKI Terima Audiensi dan Silaturahmi Pengurus Daerah-SMSI OKI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar