Pemkab OKI Komitmen Tutup Akses Blankspot di OKI

ONEWS-Id.Com (OKI)-Beberapa wilayah di Kabupaten Ogan Komering Ilir masih mengalami blank spot area atau tidak terjangkau sinyal khususnya yang berada di daerah pedalaman dan pesisir.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir pun terus berupaya agar permasalahan blank spot area ini bisa teratasi sehingga sinyal telekomunikasi bisa menjangkau seluruh daerah apalagi di masa pandemi aktivitas belajar mengajar banyak dilakukan secara daring.

Bupati Ogan Komering Ilir melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKI, Alexsander Bustomi mengungkap pada tahun 2020 lalu sebanyak 19 desa titik blank spot khususnya diwilayah pesisir OKI sudah dibangun tower tele komunikasi.

“Dari 2020 kita dorong agar provider mau membangunkan tower dititik-titik blank spot terutama diwilayah pesisir OKI. Kita bergerilya datangi mereka sejak Maret 2020” Ungkap Alex, Jum’at, (5/2/21).

Hasilnya terang Alex menurut data penerbitan IMB sebanyak 19 titik Tower dibangu provider dintahu. 2020 diantaranya di Desa Sungai Somor, Kuala Sungai Jeruju, Kuala Sungai Pasir, Talang Rimba, Kecamatan Cengal, Lebung Gajah Kecamatan Tulung Selapan serta beberapa titik lain diwilayah daratan seperti kecamatan Pangkalanlampam, Jejawi, Pampangan, Mesuji Raya dan Sirah Pulau Padang.

“Ada beberapa titik sudah berdiri towernya dan telah bisa digunakan seperti di Sungai Somor, Talang Rimba, Kuala Sungai Pasir, Kuala Sungai Jeruju, lainnya terkendala operasional karena provider harus menempatkan alat pemancar sehingga sinyal GSM/ 4G baru bisa didapatkan, hal ini merupakan keputusan mutlak dari penyelenggara jaringan telekomunikasi yang berorientasi pada hitung2an bisnis, dan pemda tidak berkewenangan untuk mengintervensi namun tetap pemda usulkan” terang dia.

Selain itu tambah Alex pihaknya juga gencar mengusulkan penuntasan titik tanpa sinyal melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bhakti) Kementrian Komunikasi dan Informatika. Sebuah badan yang konsen mengentaskan keterbatasan komunikasi bagi daerah 3 T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).

Baca Juga  Ini Pesan Bupati OKI H.Iskandar,SE Kepada Kades Yang Baru Dilantik

Fasilitasi Infrastuktur Internet Desa Mandiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *