Kominfo Fokus Benahi Kualitas Informasi dengan JARKOM

Jakarta123 Dilihat

ONews-Id.Com (JAKARTA)–Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) selaku pengampu tugas dan fungsi sebagai Government Public Relation (GPR) terus membenahi kualitas informasi terkait kebijakan dan penyelenggaraan tugas pemerintah.

Salah satu upayanya adalah dengan menyelenggarakan program JARKOM (Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom), sebuah rangkaian pelatihan jurnalistik untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

Di tahun ini, JARKOM sudah dilaksanakan sebanyak tiga volume.

Setiap volume terdapat lima topik berbeda, JARKOM Volume 3 berlangsung pada 7 hingga 14 Desember 2020.

Di tengah pandemic COVID-19 saat ini, JARKOM hadir dengan mekanisme webinar dan bisa disaksikan melalui channel Youtube Ditjen IKP Kominfo.

JARKOM merupakan tindak lanjut penguatan fungsi GPR yang dituangkan dalam Inpres No. 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik.

Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada para menteri, kepala lembaga non kementerian, gubernur, dan bupati/walikota untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan dari masing-masing kementerian dan lembaga dalam rangka mendukung pelaksanaan komunikasi publik.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Prof.Dr. Widodo Muktiyo mengatakan, melalui JARKOM Kementerian Kominfo memfasilitasi ASN pengelola media instansi pemerintah pusat dan daerah untuk mengembangkan kemampuan teknisnya dalam mengelola dan menghasilkan informasi pada instansi masing-masing.

Mulai dari mempersiapkan peralatan produksi yang ideal hingga meningkatkan kemampuan dan keterampilan jurnalistik dalam hal pembuatan konten, penanganan media, pembuatan rilis, dan pengelolaan media.

Baca Juga  Kemkominfo  Mendukung Kreasi Serta Inovasi Wastra Tenun Juga UMKM NTT  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *