Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Simpan Banyak Potensi UMKM Lokal

ONEWS-Id.Com (SUMUT) – Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata prioritas menyimpan banyak potensi UMKM lokal di bidang fesyen, kuliner

Untuk itu di tahun 2021 ini, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) berfokus pada peningkatan kualitas produk UMKM lokal agar kekhasan produk lokal Toba dapat dipasarkan secara offline dan online ke seluruh penjuru negeri hingga go international.

Dalam rangka mendukung Gernas BBI, Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan acara seminar online dengan tema Forum Digitalk: “UMKM Naik Kelas: Beli Kreatif Danau Toba” pada Kamis, 18 Februari 2021.

Acara yang dilakukan secara online dan offline terbatas ini bertujuan untuk mengedukasi para pelaku UMKM di wilayah Danau Toba untuk dapat bersikap kreatif dan adaptif terhadap kemajuan teknologi di masa pandemi, sekaligus mendorong masyarakat untuk membeli produk dalam negeri.

Septriana Tangkary, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kemenkominfo mengemukakan bahwa saat ini Gernas BBI dapat membuka peluang pasar baru bagi UMKM, baik di ranah regional maupun global, di mana diharapkan UMKM dapat berpindah dari offline ke online.

“Itu adalah salah satu program pemerintah untuk menggerakkan saudara-saudara kita yang ada di Toba Samosir ini bersama seluruh rakyat Indonesia bersama-sama menggerakkan ekonomi Indonesia,” ucapnya,Kamis (18/2/2021).

Beli Kreatif Danau Toba merupakan program turunan dari Gernas BBI yang ditugaskan untuk memajukan produk UMKM dengan unsur kreativitas (Produk Ekraf) dan nilai tambah dari Sumatera Utara. Hal tersebut disampaikan oleh Nia Niscaya, Deputi Bidang Pemasaran Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf.

Baca Juga  Bantuan UMKM Ini Hebohkan Warga Kayuagung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *