UMKO Perkuat Implementasi Program MBKM Dari Pemerintah

Onews-id.com (Lampung)– Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Program MSIB juga berperan menjembatani dan mengamankan ketersediaan talenta berkualitas bagi industri nasional yang membutuhkan solusi alternatif untuk mendapatkan talenta yang sesuai dengan kualifikasi dan cocok dengan budaya organisasi, sehingga bisa memberikan kontribusi yang nyata dalam jangka waktu yang lama. Melalui Program MSIB.

Bacaan Lainnya

Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) kembali memperkuat implementasi program MBKM dari pemerintah, salah seorang dosennya terpilih menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) batch 3.

Dosen yang terpilih adalah Lovia Evanne, S.K.M., M.I.Kom,dimana juga menjabat sebagai dosen sekaligus Ka program studi Ilmu Komunikasi UMKO. Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang merupakan skema dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi salah satu program yang mendapat respons positif.

Di bincangi awak media Lovia Evanne, S.K.M., M.I.Kom, mengatakan adapun tugas MSIB yaitu Mendampingi mitra sebagai konsultan akademik pada project/posisi dalam program magang/studi independen yang dibuka oleh mitra.
Melakukan review terhadap penilaian awal/initial assessment maupun penilaian akhir/final assessment yang ditetapkan mentor.
Melakukan evaluasi secara berkala terkait kondisi pembelajaran secara umum di masing-masing mitra dan memberikan rekomendasi rancangan kegiatan/pembelajaran agar kompetensi yang ditetapkan sebagai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dapat tercapai.
Membuat rekomendasi yang disampaikan pada kordinator perguruan tinggi terkait konversi SKS yang dapat dilakukan dalam program MSIB di mitra yang didampinginya
Melakukan kordinasi dengan mentor di mitra terkait secara berkala.

Lanjut Lovia yang juga merupakan Kaprodi Ilmu Komunikasi UMKO, Program ini menjadi kesempatan dan merasakan pengalaman menjadi dosen Pembimbing Lapangan di luar kampus melalui studi independen bersertifikat yang banyak manfaatnya.

Dan lupa saya mengucapkan terima kasih kepada rektor, dekan dan rekan – rekan dosen UMKO atas bimbingan dan memberikan saya motivasi sehingga saya berhasil, terpilih menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) batch 3. (Ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.