TNI Bersama Rakyat, Dorong Pembangunan Lewat TMMD

Onews-id.com (Tanjab Barat)–TNI AD terus berupaya membantu pemerintah, memberdayakan potensi wilayah menjadi kekuatan pertahanan negara. Lewat Pembinaan Teritorial, berbagai metode dilakukan untuk mewujudkan sasaran Binter.

Salah satu metode yang dilakukan adalah Bakti TNI, yang kegiatannya melalui operasi bakti dan karya bakti. Operasi bakti dilaksanakan dengan beberapa macam bentuk berdasarkan perintah dengan memanfaatkan tenaga, dana dan sarana yang dibatasi oleh sasaran, ruang dan waktu.

Sedangkan karya bakti dilaksanakan atas dasar inisiatif satuan mengacu kepada situasi, kondisi dan kemampuan satuan.

Implementasi metode Bakti TNI bisa dilihat melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang selama ini berjalan dan telah memberikan manfaat pada aspek pembangunan. Selain itu kepentingan kesejahteraan masyarakat serta memberikan manfaat untuk kepentingan pertahanan.

Program TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemda, serta lapisan masyarakat.

Kegiatan ini merupakan wujud dari keseriusan pemerintah, terhadap masyarakat di wilayah 3T (terluar, terpencil dan tertinggal), daerah terkena dampak bencana alam, perbatasan dan kumuh perkotaan.

Lewat program ini, akan mempercepat pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan dan kualitas sumber daya masyarakat, mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga bisa mengatasi kesulitan yang terjadi.

Melalui program TMMD ini juga, diharapkan dapat membantu mewadahi dan mewujudkan aspirasi dan kepentingan berbagi instansi dan masyarakat, serta disusun dengan sistem “Bottom Up Planning”.

Oleh karena itu, peran dan kerjasama yang erat, intensif dan sinergi dan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) yang terlibat, serta dukungan partisipasi aktif masyarakat merupakan kunci penentu keberhasilan dan kelancaran penyelenggara TMMD.

Di Provinsi Jambi, TMMD ke-113 TA 2022 Dim 0419/Tanjab Korem 042/Gapu berlokasi di Desa Bukit Indah, Desa Intan Jaya, Desa Sungai Muluk, Desa Sungai Papauh dan Desa Kemang Manis, Kecamatan Muara Papalik, Kabupaten Tanjab Barat.

Tema yang diangkat adalah “TMMD DEDIKASI TERBAIK MEMBANGUN NKRI”. Waktu pelaksanaan selama 30 hari mulai 11 Mei – 9 Juni 2022. Ada sebanyak 150 personel yang dilibatkan, meliputi TNI, Polri dan instansi terkait, serta masyarakat desa sasaran TMMD.

Berbagai sasaran fisik adalah, peningkatan jalan penghubung Desa Kemang Manis menuju Desa Intan Jaya, sepanjang 2,6 km dengan lebar 5 meter. Sementara, sasaran non fisik berupa ceramah dan penyuluhan. Seperti pencegahan Covid-19, Posyandu, Posbindu dan stunting. Banyak lagi sosialisasi yang diberikan pada wilayah sasaran, yang bekerjasama dengan instansi terkait.

Ini semua, demi kemajuan wilayah tersebut, sasaran fisik tambahan dilaksanakan dengan dukungan forum CSR Tanjab Barat berupa Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 3 unit, rehab Lapangan Sepakbola 1 unit, rehab lapangan Volly 3 unit, rehab Pos Kamling 3 unit, pembuatan sumur bor 1 unit, pembuatan MCK umum 1 unit, pembuatan bak sampah 3 unit.

Tujuan kegiatan TMMD ke 113 TA 2022 Kodim 0419/Tanjab Korem 042/Gapu, selain untuk membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah juga untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat serta sebagai sarana untuk memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) Juang yang tangguh.

Dengan adanya kegiatan TMMD diharapkan juga senantiasa pupuk dan kembangkan semangat gotong royong dan pelihara terus kemanunggalan TNI-Rakyat agar kegiatan TMMD dapat berjalan dengan lancar.

Meningkatkan kepedulian untuk memelihara dan merawat dengan sebaik-baiknya hasil TMMD ke-113 agar dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang. Sasaran fisik yang telah selesai dibangun, harus dapat mendorong tumbuh kembangnya usaha-usaha masyarakat dibidang perekonomian guna meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat dan mendukung pemerintah dalam pemerataan pembangunan dan pengentasan kemiskinan.

Sasaran non fisik yang dilaksanakan, diharapkan dapat mendorong tumbuhnya kreatifitas masyarakat dalam mengangkat kualitas kehidupan ke arah yang lebih baik, maju, sejahtera dan mandiri.

Selain itu harapan yang diinginkan adalah dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, cinta tanah air, patriotisme dan kesadaran bela negara. Memelihara hubungan yang sudah berjalan baik selama ini antara aparat TNI beserta jajarannya dengan Polri, Pemda maupun Dinas/ Instansi terkait, aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat sehingga Kemanunggalan TNI-Rakyat semakin tangguh, terakhir dalam pelaksanaan kegiatan TMMD ini, tetap perhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 tanpa mengurangi makna dan semangat gotong-royong.

Kegiatan TMMD yang dilaksanakan ini, sangat besar manfaatnya bagi kemajuan “Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan” Kabupaten Tanjung Jabung Barat, sehingga ini bukan hanya menjadi tanggung jawab Kodim 0419/Tanjab, namun juga menjadi tanggung jawab Pemkab Tanjab Barat. Setelah kegiatan selesai, hasil TMMD akan diserahkan kepada Pemerintah Daerah untuk dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat.

Penulis Mayor Inf R.M Hatta Kapenrem 042/Gapu

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.