TNI Bersama Rakyat, Dorong Pembangunan Lewat TMMD

Uncategorized165 Dilihat

Onews-id.com (Tanjab Barat)–TNI AD terus berupaya membantu pemerintah, memberdayakan potensi wilayah menjadi kekuatan pertahanan negara. Lewat Pembinaan Teritorial, berbagai metode dilakukan untuk mewujudkan sasaran Binter.

Salah satu metode yang dilakukan adalah Bakti TNI, yang kegiatannya melalui operasi bakti dan karya bakti. Operasi bakti dilaksanakan dengan beberapa macam bentuk berdasarkan perintah dengan memanfaatkan tenaga, dana dan sarana yang dibatasi oleh sasaran, ruang dan waktu.

Sedangkan karya bakti dilaksanakan atas dasar inisiatif satuan mengacu kepada situasi, kondisi dan kemampuan satuan.

Implementasi metode Bakti TNI bisa dilihat melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang selama ini berjalan dan telah memberikan manfaat pada aspek pembangunan. Selain itu kepentingan kesejahteraan masyarakat serta memberikan manfaat untuk kepentingan pertahanan.

Program TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemda, serta lapisan masyarakat.

Kegiatan ini merupakan wujud dari keseriusan pemerintah, terhadap masyarakat di wilayah 3T (terluar, terpencil dan tertinggal), daerah terkena dampak bencana alam, perbatasan dan kumuh perkotaan.

Lewat program ini, akan mempercepat pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan dan kualitas sumber daya masyarakat, mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga bisa mengatasi kesulitan yang terjadi.

Melalui program TMMD ini juga, diharapkan dapat membantu mewadahi dan mewujudkan aspirasi dan kepentingan berbagi instansi dan masyarakat, serta disusun dengan sistem “Bottom Up Planning”.

Oleh karena itu, peran dan kerjasama yang erat, intensif dan sinergi dan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) yang terlibat, serta dukungan partisipasi aktif masyarakat merupakan kunci penentu keberhasilan dan kelancaran penyelenggara TMMD.

Di Provinsi Jambi, TMMD ke-113 TA 2022 Dim 0419/Tanjab Korem 042/Gapu berlokasi di Desa Bukit Indah, Desa Intan Jaya, Desa Sungai Muluk, Desa Sungai Papauh dan Desa Kemang Manis, Kecamatan Muara Papalik, Kabupaten Tanjab Barat.

Baca Juga  Masyarakat Sambut Gembira Atas Kenaikan Pangkat Mantan Kapolres Lahat Yang dikenal Baik dan Tegas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *