Selly Ratnasari, Dosen USS Raih Anugerah Inovator Tahun 2021 di Gubernur Sumsel

ONews-Id.Com (Sumsel)– Dosen Universitas Sumatera Selatan Program Studi Perikanan, Selly Ratnasari, S.Pi, M.Si berhasil meraih penghargaan Anugerah Inovator tahun 2021 dari Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru, SH, Senin (20/12/21) di Griya Agung.

Selly merupakan salah satu inovator tahun 2021 yang mendapat penghargaan dari Gubernur Herman Deru.

Inovasi yang dilakukannya adalah inovasi ikan lele asap fungsional introduksi gambir potensi perbaikan permasalahan industri ikan asap di Sumatera Selatan.

Menurut dosen cantik ini, yang melatarbelakangi dia melakukan inovasi ini
karena Sumsel memiliki produk andalan bidang olahan perikanan. Salah satu produk yang sering dijumpai dan banyak dicari wisatawan adalah ikan asap. Ikan yang digunakan mayoritas dari ikan tangkapan atau budidaya seperti ikan lele.

Menurut Selly, ikan lele (Clarias gariepinus) adalah ikan yang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dengan harga terjangkau. Produksi budidaya ikan lele selalu mengalami peningkatan dari tahun 2011 sebanyak 337.577 ton sampai tahun 2015 sebanyak 719.619 ton/tahun (KKP, 2016). Metode pengasapan ikan merupakan metode pengawetan alami dengan menurunkan aw pada ikan yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme penyebab kerusakan pangan.

Sementara lanjut dia, asap pada proses pengasapan mengandung zat-zat kimia seperti formaldehid, fenol dan cresol yang memiliki sifat antimikroba yang akan bertumpuk pada permukaan ikan yang diasap sehingga dapat menghambat atau membunuh bakteri pada ikan. “Permasalahan saat ini ikan lele asap cenderung kurang hygienis, memiliki tekstur yang keras atau saat dikonsumsi tidak ada daging hanya aroma ikan asap saat dimasak dan kurang fungsional.” jelasnya.

Baca Juga  Tips dan Trik Menaklukkan Australia Awards Scholarship di Tengah Pandemi Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *