SDN 2 Lubuk Seberuk Gunakan Dana BOSP Secara Fleksibilitas,l dan Transparansi

Uncategorized491 Dilihat
Foto: KASTUBI S.pd.,M.pd Kepsek SDN 2 Lubuk Seberuk Dinobatkan Sebagai Kepala Sekolah Kreatif Se_Kabupaten Ogan Komering Ilir Tahun 2023.
ONews-id.com (OKI)-Mengunjungi SD Negeri 2 Lubuk Seberuk sangat mudah sekali karena posisi di pinggir jalan Lintas Timur Km 125. Masuk jalan 50 meter akan tampak pintu gerbang mewah sesuai dengan instruksi  Gubernur Sumatera Selatan Berupa gerbang yang bermotif Tanjak Sumatera Selatan.
Berjarak sekitar 55 km dari ibu kota kabupaten Ogan Komering Ilir, sekolah ini berada di ibukota Kecamatan lempuing Jaya di Dusun I Desa Lubuk Seberuk. Memiliki jumlah Siswa  sebanyak 298 siswa, dimana 250 siswa diantaranya tergolong masyakarat ekonomi lemah karna sebagai petani dan buruh tani, selebihnya anak pedagang dan pegawai.
SD Negeri 2 Lubuk Seberuk Merupakan sasaran Program Sekolah penggerak Tahun ke_2 di tahun 2022. Mengusung moto “Bergerak, Tergerak, dan Menggerakkan,” SD Negeri 2 Lubuk Seberuk menekankan pentingnya menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi peserta didik dan tenaga kependidikan. Dengan fokus pada konsep “Sekolah Aman dan Nyaman,” hal ini diungkap. Kastubi.M.Pd selaku kepala sekolah disela kesibukannya
Kartubi juga mengungkapkan dia bersama timnya bertekad mewujudkan suasana pembelajaran yang kondusif.
“SD Negeri 2 Lubuk Seberuk menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar sejak tahun pelajaran 2022/2023 dan sampai dengan saat ini 2023 / 2024. Ini semua bisa terlaksana dengan baik karena kepala sekolah selalu bertindak dan berbuat sesuai dengan Permendikbud Ristek 63 Tahun 2022 tentang Juknis BOSP,jelasnya
Foto : suasan SDN 2 Lubuk Seberuk 
Lanjut dia Satuan pendidikan dalam program Merdeka Belajar ini memiliki otoritas penuh untuk melakukan perencanaan-perencanaan. Tetapi tentunya perencanaan yang dibuat harus didukung oleh data, fakta dan kebutuhan sekolah dalam meningkatkan layanan operasional. Di sinilah pentingnya sekolah harus selalu mengupdate data di Dapodik. Agar ketika sekolah membuat perencanaan  ini sesuai dengan fakta dan kondisi sekolah yang ada,”bebernya
Dalam hal ini salah satu Guru yang ada di kecamatan Lempuing jaya Mengungkapkan ,tidak heran kalau Kepala SD Negeri 2 Lubuk Seberuk tahun 2023 di Peringatan hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke_78 Dinobatkan Sebagai Kepala Sekolah Kreatif Se_Kabupaten Ogan Komering Ilir Tahun 2023.
Sekolah ini juga mempunyai ”good practice” berupa  Buku Serah terima dana BOSP dari Kepala Sekolah (setelah pencairan) kepada Bendahara BOSP. Kepala sekolah Paham akan Tugas dan Fungsi Pokok Sebagai Kepala Sekolah. Karena dalam pencairan dana BOSP Harus bersama kepala Sekolah dan Bendahara sekolah. Pembukuan tersebut sangat sederhana , namun sangat jelas dan transparan bagi semua Guru dan Komite sekolah untuk melihatnya. Serta penggunaan dalam setiap triwulan selalu di ditulis di papan pengumuman pengunaan dana BOSP. Yang Di Pasang Depan Sekolah supaya semua warga sekolah, Orang Tua Murid, Masyarakat Desa, Pemerhati pendidikan mengetahui Berapa dana yang di terima dan di gunakan untuk pemenuhan 8 standar pendidikan.(40)
Baca Juga  Kasad Dianugerahi Gelar Adat tertinggi Suku Dayak Mantir Hai Penambahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *