Saat Dikunjungi Pemkab OKI Ini yang Diungkapkan Yanto Sang Tunanetra

ONEWS-ID.COM, OKI – Yanto seorang tunanetra asal kelurahan Kutaraya Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) merasa bahagia setelah dirinya dan istri mendapatkan kunjungan Kepala Dinas Kesehatan, Iwan Setiawan SKM Mkes bersama Kepala Dinas Sosial OKI H Reswandi SP MM.

Mewakili BUpati OKI Iskandar SE, keduanya berkunjung ke RSUD Kayuagung setelah mendapatkan kabar ada satu warga yang sedang terbaring sakit, pada Senin, (5/10/2020) lalu.

Bacaan Lainnya

Yanto yang dikunjungi sempat mengirimkan surat terbuka melalui media sosial WhatsApp kepada salah satu wartawan Tarmizi Mahat agar dapat menyampaikan keluhan atas apa yang dialami dirinya dan istrinya yang sedang sakit kepada pemerintah.

Dalam surat terbukanya, Yanto menyebut istrinya mengalami diabetes,jantung, penyumbatan pembuluh darah, darah tinggi, kolestrol,dan maag.

Bahkan menurut dia, istirnya sudah 6 kali di rawat di RSUD Kayu Agung, dan sudah 3 kali di rawat di RS Palembang. Bahkan istrinya divonis RSMH bulan april tahun 2020 lalu harus segera di operasi namun hingga sekarang belum terlaksana.

Menyikapi keadaan tersebut, Yanto tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Ia menyebutkan, dirinya tidak punya ongkos dan biaya, bahkan buat makan sehari-hari dan bayar kontrakan Saja dirnya mengalami kesusahan.

“Tolong bantu lah kami, sekarang istri saya sangat menghawatirkan, tolong segera di tanggapi,” ujarnya kala itu.

Namun Yanto tampak senang saat Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Sosial bersama rombongan datang menjenguk istrinya. Ia bahkan tak menyangka akan mendapatkan respon secepat itu.

“Alhamdulillah, doa saya dijawab oleh Allah. Terima kasih kepada semua pihak yang telah peduli, terutama Pak Bupati H Iskandar SE melalui Kepala Dinas Kesehatan Bapak Iwan Setiawan dan Bapak Kepala Dinas Sosial Bapak H Reswandi yang langsung menjenguk istri saya di rumah sakit,” ujarnya.

Mengunjungi warga yang sakit bukanlah yang pertama kalinya dilakukan oleh pihak Pemkab OKI. Ketika mengetahui ada warga yang sakit, pihak Pemkab baik melalui Bupati langsung atau melalui perwakilannya selalu menyempatkan diri untuk menjenguk dan bertanya terkait kondisi kesehatan warganya.

Kunjungan perwakilan Pemkab OKI tersebut tidak hanya sekedar menyampaikan rasa simpati, tetapi turut secara langsung membantu meringankan biaya untuk pengobatan istri Yanto.

“Mewakili Bupati OKI H Iskandar SE, kami mengunjungi warga yang sedang terbaring sakit. Pemkab OKI dalam hal ini Bapak Bupati memberikan bantuan dan motivasi kepada warganya yang sedang sakit itu,” kata Kadinkes OKI Iwan Setiawan SKM MKes, Selasa (6/10/2020).

Sementara Kepala Dinas SOsial OKI H Reswandi menyampaikan permohonan maaf dari Bupati OKI, karena tidak mengantar langsung bantuan tersebut.

“Insya Allah bantuan ini dapat membantu, jangan dipandang nilai materinya tetapi Insya Allah dapat mengurangi beban keluarga. Ini semua bentuk kepedulian pemerintah kabupaten OKI terhadap warganya yang membutuhkan,” kata Reswandi.

Lebih lanjut Reswandi mengatakan, Bapak Yanto dan keluarga telah mendapatkan pelayanan melalui fasilitas BPJS secara mandiri. Saat ini semuanya sudah difasilitasi.

(ao/dhi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.