PTBA Berikan Beasiswa Bidiksiba untuk 49 Anak Tahun Ini

ONews-id.com (Muara Enim)-, 17 Agustus 2022* – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melaksanakan pelepasan peserta Program Beasiswa Sekitar PT Bukit Asam Tbk (Bidiksiba) tahun ajaran 2022/2023 pada 17 Agustus 2022 di Lapangan KBL PTBA Tanjung Enim, bertepatan dengan Upacara Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia.

Direktur Operasi dan Produksi PTBA Suhedi, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Farida Thamrin, Direktur Pengembangan Usaha Rafli Yandra, dan Direktur Sumber Daya Manusia PTBA Suherman secara simbolis menyerahkan beasiswa Bidiksiba kepada peserta.

Bacaan Lainnya

Bidiksiba merupakan program beasiswa pendidikan yang diberikan PTBA kepada siswa lulusan SLTA atau sederajat dari keluarga prasejahtera di sekitar wilayah operasi Perusahaan untuk dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Total penerima beasiswa Bidiksiba tahun ini mencapai 49 anak yang tersebar di semua Unit PT Bukit Asam Tbk, yaitu Unit Pertambangan Tanjung Enim (25 anak), Unit Dermaga Kertapati (8 anak), Unit Pelabuhan Tarahan (10 anak), dan Unit Ombilin (6 anak).

Sebanyak 25 anak ke Politeknik Negeri Malang, 19 anak ke Politeknik Negeri Sriwijaya, dan 5 anak ke Politeknik Negeri Lampung. Pada tahun 2022 ini, terdapat penambahan 1 politeknik kerja sama yaitu Politeknik Negeri Lampung.

Ada sejumlah kriteria dan persyaratan yang ditetapkan untuk penerima beasiswa Bidiksiba. Pertama, peserta harus berdomisili di wilayah Ring 1 PTBA, baik Tanjung Enim, Dermaga Kertapati, Tarahan, dan Ombilin.

Kedua, peserta merupakan anak dari masyarakat pra sejahtera yang dibuktikan dengan data diri dan keluarga, verifikasi kunjungan tempat tinggal dan belum ada saudara kandung yang pernah menerima beasiswa Bidiksiba sebelumnya.

Ketiga, peserta wajib mengikuti psikotes yang diselenggarakan PTBA dan tes akademik yang diselenggarakan oleh politeknik tujuan yaitu Politeknik Negeri Sriwijaya, Politeknik Negeri Malang dan Politeknik Negeri Lampung.

Manajer Keuangan CSR PTBA yang juga Ketua Tim Bidiksiba, Laurentius Agus Haryadi, menjelaskan bahwa penerima manfaat Bidiksiba tahun 2022 telah melalui berbagai tahapan seleksi yaitu psikotes, tes akademik, serta kunjungan tempat tinggal untuk memastikan bantuan tepat sasaran.

“Program Bidiksiba merupakan komitmen PT Bukit Asam Tbk untuk berpartisipasi dalam memutus rantai kemiskinan melalui bidang pendidikan. Perusahaan berharap penerima manfaat Bidiksiba dapat memanfaatkan bantuan beasiswa ini dengan sebaik-baiknya untuk keperluan pendidikan dan kelak dapat bersaing dalam dunia kerja sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarganya,” kata Agus.

Sejak 2010 hingga 2022 sudah ada 333 orang penerima beasiswa ini. Sebanyak 147 orang di antaranya masih aktif berkuliah, 109 orang alumni sudah mendapat pekerjaan di berbagai sektor usaha.

Tak hanya Bidiksiba, PTBA juga menjalankan program-program lain untuk membantu masyarakat di bidang pendidikan. Ada Program Ayo Sekolah yang menyalurkan paket beasiswa untuk siswa kurang mampu. Ada pula Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Matematika (Gernas Tastaka) untuk meningkatkan kompetensi matematika guru sekolah dasar di wilayah Kabupaten Muara Enim yang dipilih oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim.

Untuk Informasi lebih lanjut silakan menghubungi:
*Apollonius Andwie*
_Corporate Secretary_
PT Bukit Asam Tbk
aandwie@bukitasam.co.id
www.ptba.co.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.