Pj. Bupati Banyuasin Launching Gertas Di SMPN II Banyuasin III.

Banyuasin39 Dilihat

Onews-id.com (Banyuasin)- Dalam pemanfaatan pekarangan atau lahan sekolah, SMPN II Banyuasin III melakukan Gerakan Tanam Sayur dilaunching langsung oleh Penjabat Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH berlangsung di Lapangan Upacara SMPN II, Senin (4/03/2024).

Gerakan Tanam Sayur di lingkungan Sekolah ini bertujuan mendukung Program Pemerintah Kabupaten Banyuasin dan menjadikan pilihan program edukasi gizi dengan melibatkan guru dan anak-anak sekolah serta sebagai sarana penghijauan di halaman sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyuasin, Aminudin, S. Pd, S. IP. MM menyampaikan bahwa Gerakan Tanam Sayur ini Berdasarkan Instruksi Bupati Banyuasin Nomor: 7 Tahun 2024 tanggal 5 Februari 2024 Tentang Optimalisasi Gerakan Tanam Sayur (GERTAS) dalam rangka Pengendalian Inflasi Daerah dan untuk menekan kenaikan harga bawang merah, cabe dan jagung yang saat ini terjadi cukup tinggi di pasar dalam wilayah Kabupaten Banyuasin.

Aminudin menambahkan lagi bahwa tujuan lain dari kegiatan ini ialah membekali keterampilan Siswa dalam mengolah lahan menjadi media tanam sayur yang dapat menghasilkan nilai ekonomi, dan menanamkan rasa peduli dan cinta terhadap lingkungan sebagai bentuk pembiasaan budaya positif serta pembentukan karakter bagi peserta didik.

Sementara itu, Pj. Bupati Banyuasin Hani S. Rustam menegaskan bahwa kita harus bekerja secara kolaboratif, seluruh stakeholder diajak untuk ikut serta, begitu juga perangkat daerah untuk saling bersinergi dalam pelaksanaan program pemerintah. Salah satunya, Gertas yang merupakan program kerja dari Badan Ketahanan Pangan tapi dapat didukung dan dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dengan implementasi pengelolaan pekarangan sekolah.

Tujuan dari gerakan ini adalah dalam rangka pengendalian Inflasi Daerah untuk menekan kenaikan harga seperti bawang merah, cabe dan jagung yang saat ini mengalami kenaikan yang cukup tinggi di pasar wilayah Kabupaten Banyuasin, sehingga perlu mengoptimalkan gerakan menanam sayur dengan memanfaatkan pekarangan kantor, rumah, sekolah atau menggunakan polibag.

Baca Juga  Akhir Ramadhan Askolani Jasi Bagi-bagi THR

Hani S. Rustam menegaskan bahwa Gertas ini mengacu pada arahan Presiden Republik Indonesia dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia untuk bersama-sama mengendalikan inflasi, termasuk Dinas Pendidikan untuk menanamkan pembelajaran pemanfaatan pekarangan sekolah agar anak didik terbiasa bercocok tanam, memahami ilmu bercocok tanam dan mencintai lingkungan tidak mengandalkan gadget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *