Per Juni 2022, Bukit Asam Sudah Tanam 1,33 Juta Pohon di Areal Reklamasi

Uncategorized1878 Dilihat

ONews-id com (Muara Enim), – Sebagai perusahaan pertambangan batu bara, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berkomitmen untuk terus mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan hidup. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memulihkan kembali lahan bekas tambang.

Hingga Juni 2022, tercatat total areal reklamasi sudah mencapai 2.144,26 hektar (ha). Di lahan tersebut telah ditanam 1.333.350 batang pohon. Berbagai jenis pohon yang ditanam di antaranya Sengon, Jati, Mahoni, Kayu Putih, Akasia, Angsana, Merbau, Bambu, Jabon, Pinus, Johar, Longkida. Adapun untuk tahun ini, PTBA menargetkan tambahan reklamasi lahan seluas 17,19 ha.

“PTBA menerapkan kaidah _Good Mining Practice_ dalam melakukan operasi pertambangan dari awal hingga akhir. Kami memperhatikan aspek keberlanjutan dalam setiap kegiatan operasional. Reklamasi lahan juga dilakukan sebagai wujud komitmen PTBA untuk melakukan dekarbonisasi,” kata Corporate Secretary PTBA, Apollonius Andwie.

Tak hanya reklamasi lahan, PTBA telah menjalankan sejumlah program untuk mendukung dekarbonisasi. Dari sisi operasional, perusahaan menerapkan _Eco Mechanized Mining_ yakni mengganti peralatan pertambangan yang menggunakan bahan bakar fosil menjadi elektrik.

Perusahaan juga menerapkan _E-Mining Reporting System_, yaitu sistem pelaporan produksi secara _real time_ dan daring sehingga mampu meminimalkan pemantauan konvensional yang menggunakan bahan bakar.

Baca Juga  Subdit Tipiter Ditreskrimsus Polda Sumsel Tangkap Pelaku Kencing BBM Jenis Solar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1,341 komentar