Kemkominfo  Mendukung Kreasi Serta Inovasi Wastra Tenun Juga UMKM NTT  

Bisnis184 Dilihat

ONEWS-ID.COM (Labuan Bajo)- Di tahun ini, Gernas BBI berfokus pada peningkatan kualitas produk UMKM lokal para pengrajin atau seniman Indonesia (Indonesian Artisanal), serta peningkatan peran aktif pemerintah daerah untuk kesuksesan gerakan tersebut.

Oleh karena itu pada bulan Juni 2021 mendatang, Kementerian Kominfo ditunjuk sebagai campaign manager Gernas BBI di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang akan mengusung tema Kilau Digital Permata Flobamora.

Provinsi yang memiliki beberapa wilayah kawasan destinasi wisata super prioritas seperti Labuan Bajo, Pulau Flores, Lembata, dan Alor ini menyimpan banyak potensi UMKM lokal yang dapat menjadi unggulan di bidang fesyen, kuliner dan kriya.

Maka untuk mengedukasi dan memberikan pemahaman mengenai kemampuan untuk adaptif dan kreatif di era pandemi kepada para pelaku UMKM di daerah NTT, Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik mengadakan Road to #PesonaDigitalNTT Webinar & Workshop “Mendorong Kreasi & Inovasi Wastra Tenun dan UMKM Nusa Tenggara Timur” pada Rabu (24/3/2021).

Acara ini dilaksanakan secara offline di Hotel Inaya Bay Komodo, Labuan Bajo dan disiarkan secara live melalui aplikasi Zoom dan kanal YouTube Kemkominfo TV.

Menghadirkan narasumber Nur Asia Uno (Ketua Bidang Promosi dan Humas Dekranas), Trince Yuni (Ketua Dekranasda Kabupaten Manggarai Barat), Alfonsa Horeng (Pendiri Rumah Tenun NTT), Kuncoro Wastuwibowo (Sinergy Project Leader Telkom Indonesia – Telkom Group), Ni Luh Putu Sri Sandhi (Manager Unit Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran BI-NTT), dan Ericson Sibagariang (Vice President Area Account Management Telkomsel), serta keynote speaker Tri Tito Karnavian (Ketua Harian Dekranas).

Adapun acara ini dibuka dengan beberapa sambutan dari Septriana Tangkary (Direktur IKPM Kemenkominfo), Nanny Hadi Tjahjanto (Ketua Umum Dharma Pertiwi), Endang Budi Karya (Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas), Edistasius Endi (Bupati Kabupaten Manggarai Barat), dan Maria Anna Plate (Anggota Bidang Promosi dan Humas Dekranas).

Baca Juga  Dewan Pers-Menko Polhukam Bahas RKUHP, SMSI Terus Tolak Pasal Krusial yang Potensial Lemahkan Kebebasan Pers

Septriana Tangkary menyampaikan bahwa Gernas BBI terbukti sukses mendorong banyak pelaku UMKM, di mana onboarding yang didapatkan pada Desember 2020 sampai dengan hari ini terhitung sudah 3,7 juta UMKM yang telah berpindah dari ruang digital.

“Keberhasilan ini merupakan kolaborasi dan kerjasama terbaik oleh semua pihak,” ungkapnya.

Nanny Hadi Tjahjanto juga mengingatkan seluruh masyarakat khususnya pelaku UMKM untuk memanfaatkan sarana dan pra-sarana milik bangsa sendiri agar dapat berkembang dan saling berpegangan tangan demi mendorong majunya perekonomian tanah air, termasuk menggunakan media jual beli online.

“Daftarkan UMKM pada LaDaRa, beli satu tumbuh seribu bangga buatan Indonesia,” ujar Nanny.

Hari ini bidang wirausaha baru Dekranas bersinergi dengan Kemkominfo memberikan pelatihan dan pendampingan kepada 20 orang pengrajin tenun pemula, serta pelatihan sistem penjualan secara digital atau marketplace termasuk pelatihan payment gateaway secara tatap muka (offline) kepada 60 orang pelaku UMKM dan target kepada 300 orang pelaku UMKM yang hadir melalui Zoom. Hal tersebut disampaikan oleh Endang Budi Karya.

Ia juga berharap dengan adanya pelatihan ini para penenun mempunyai keahlian menenun dengan kualitas dan desain motif yang bervariasi namun tetap mempertahankan identitas kearifan lokal serta menguasai manajemen marketing baik offline maupun online.

“Di Labuan Bajo dan NTT, tenun merupakan ciri khas masyarakat setempat dengan motif yang beragam dan menggambarkan kearifan lokal,” ujarnya.

Maria Anna Plate berpendapat jika kain tenun merupakan salah satu dari sekian banyak ciri khas NTT yang patut dibanggakan. Menurutnya, membuat satu lembar kain tenun, membutuhkan waktu yang cukup lama tetapi hasilnya akan memuaskan, baik itu bagi pengrajin maupun pembeli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *