ICMI : Waspada Lonjakan Kasus DBD Selama Libur Panjang

Uncategorized263 Dilihat

Onews-id.com (Jakarta)- Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengingatkan pemerintah dan masyarakat agar waspada terhadap kemungkinan melonjaknya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) selama masa libur Panjang Idul Fitri.

Pernyataan ini disampaikan oleh Prof. dr. Zubairi Djoerban Sp. PD-KHOM, dokter spesialis penyakit dalam pada acara Webinar ICMI Waspada DBD dan Mudik Lebaran 2024 hari ini (8/4/2024).
Disebutkan, kasus demam berdarah di Indonesia menunjukkan lonjakan yang sangat tinggi. Pada awal tahun 2024 saja sudah tercatat penderita DBD di Indonesia sebanyak 53.131 kasus dengan angka kematian 404 jiwa. Beberapa daerah bahkan mencatat kasus DBD sudah menjadi kejadian luar biasa (KLB) yang membutuhkan penanganan serius dari Pemerintah.
Kemungkinan akan terjadinya lonjakan kasus DBD ini dipicu oleh pergerakan massa yang besar dalam arus mudik. Pergerakan ini diiringi dengan terbawanya virus DBD dari satu daerah ke daerah lain, sehingga dapat memicu timbulnya masalah di daerah-daerah yang selama ini dianggap aman dan belum terjangkit kasus DBD. Peluang menyebarnya kasus DBD ini juga dipengaruhi oleh situasi cuaca yang mendukung bagi berkembangnya jentik-jentik nyamuk.
Di sisi lain, Ketua MPP ICMI Prof. Dr. dr. Fahmi Idris, M.Kes berharap Kementerian Kesehatan dapat segera membangun kesiapsiagaan di fasilitas kesehatan khususnya rumah sakit dan puskesmas. Fahmi berharap di masa libur panjang ini tidak berarti layanan Kesehatan pemerintah mengurangi kualitas layanan sebagaimana di hari-hari biasa. Ia juga menghargai jerih payah dan upaya yang dilakukan oleh tenaga kesehatan yang mengorbankan waktu liburannya untuk melayani masyarakat yang membutuhkan layanan Kesehatan.
Pernyataan yang sama ditegaskan oleh Drs. Ahmad Muntaha, MM. Wakil Ketua Departemen Upaya Kesehatan ICMI Pusat dan berharap agar Masyarakat khususnya pemudik dapat menjaga kesehatan sebaik-baiknya selama masa mudik lebaran. Setidaknya pemudik dapat mewaspadai gejala-gejala DBD yang mungkin telah menjangkiti yakni terjadinya demam mendadak tinggi, nyeri kepala, dan menurunnya nafsu makan.

Baca Juga  Hingga Dini Hari, Pj. Bupati dan Forkopimda OKI Pantau Pleno PPK di 4 Kecamatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Bwer Pipes: Your Key to Agricultural Success in Iraq: Count on Bwer Pipes to provide you with high-quality irrigation solutions designed to meet the demands of Iraqi farming. Our cutting-edge sprinkler systems and reliable pipes ensure precise water distribution, contributing to healthier crops and increased profitability. Visit Bwer Pipes