Hari Kesaktian Pancasila, Herman Deru: Masyarakat Sumsel Jangan Hanya Hapal Pancasila

ONEWS-ID.COM, PALEMBANG – Sebagai warga negara Indonesia, masyarakat Sumsel diminta tidak hanya hapal butir- butir Pancasila, tapi juga mengejawantahkannya (melaksanakan) dalam kehidupan sehari-hari.

Pernyataan itu diungkapkan Gubernur Sumsel H.Herman Deru usai mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Kamis 1 Oktober 2020 secara Virtual yang dihadiri langsung Presiden Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara (Irup) dari Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Bacaan Lainnya

Menurut HD, masyarakat Indonesia mestinya bersyukur karena memiliki dasar negara berupa Pancasila, karena itu Ia menghimbau agar Pancasila benar-benar diwujudkan dalam menjalankan kehidupan berkebangsaan tak hanya oleh masyarakat tapi juga oleh penyelenggara negara.

” Pada hari ini (Kesaktian Pancasila) kita sama-sama kembali diingatkan bahwa kita memiliki dasar negara yaitu Pancasila. Selain hapal, pengejawantahan Pancasila ini berlaku bagi seluruh penyelenggara negara dan masyarakat. Dan kita harus bersyukur,” jelasnya.

Sementara itu meski digelar terbatas secara virtual, upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo berlangsung khidmat. Upacara tersebut dipimpin oleh Komandan Upacara Kolonel Kal Eri Ahmad Harahap dan turut dihadiri Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.Upacara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila yang dibacakan langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Dilanjutkan dengan pembacaan naskah UUD 1945 oleh ketua DPD La Nyalla Mattalitti. (ril/dhi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.