Gasak Motor Temannya, Residivis Ini Kembali Masuk Bui

Tersangka Pencurian Dengan Pemberatan J

ONEWS-ID.COM, OKI – Polisi menangkap J (42), warga Desa Kijang Awal Terusan, Kecamatan Sirah Pulau Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir. Pelaku diciduk lantaran mencuri sepeda motor milik temannya

Kapolsek Tulung Selapan Iptu Eko Suseno didampingi Kanit Reskrim Ipda Suroto mengungkapkan, pencurian sepeda motor ini dialami oleh Ardinel Bin Efendi (25).

Bacaan Lainnya

Pencurian terjadi ketika tersangka datang ke bedeng sewaan saudara Liku di jalan 4 Desa Tulung Selapan, OKI.

Tersangka mengajak korban yang juga sahabat yang dikenalnya saat menjalani hukuman di LAPAS Kayuagung untuk menginap di bedeng sewaan saudara Liku tersebut. Saat itu korban membawa sepeda motor dan HP.

Saat korban Ardinel dan Liku terlelap, sekira pukul 05.00 WIB, tersangka bangun mengambil kunci kontak dan HP korban yang tidur di kamar, lalu tersangka keluar kamar bedeng dan mengunci bedeng dari luar.

“Kemudian tersangka melarikan sepeda motor korban berikut HP korban untuk kemudian dibawa ke Sungai Rotan Tanjung Raja, kabupaten Ogan Ilir. Tersangka kemudian menyerahkan barang curian kepada seorang yang dikenalnya bernama Din tetapi tidak diketahui rumahnya.

“Selanjutnya Din menjual sepeda motor dan hp tersebut di 7 Ulu Palembang kepada orang yang tidak di kenal oleh tersangka dengan harga 3 juta rupiah, dan uangnya habis untuk belanja, beli HP dan pakaian, kerugian korban atas peristiwa pencurian tersebut sekira Rp.17.000.000,- (Tujuh belas juta) rupiah,” ujarnya Kapolsek kepada wartawan, Jum’at (25/9).

Mengetahui sepeda motornya raib, korban kal itu langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Tulung Selapan. Laporan tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan.

Tidak butuh waktu lama, polisi berhasil menemukan identitas pelaku.

Diungkapkan Iptu Eko Suseno, pelaku adalah J yang merupakan teman korban yang dikenalnya saat menjalani hukuman di LAPAS Kayuagung.

“Tersangka J ditangkap di desa Sungai Lumpur, kecamatan Cengal, OKI, setelah sebelumnya tersangka yang residivis pencurian sepeda motor di curigai masyarakat akan melakukan kejahatan dan ada kasus pencurian di wilayah hukum Polsek Tulung Selapan, dengan sigap anggota melakukan penangkapan di desa Sungai Lumpur dan mengamankan tersangka ke Polsek Tulung Selapan,” terangnya.

Dari penangkapan terhadap pelaku, polisi menemukan barang bukti berupa 1 (satu) buah HP merk Samsung, 1 (satu) potong celana panjang levis warna hitam,
1 (satu) potong kemeja tangan pendek warna putih bintik hitam.

Dari pemeriksaan pelaku, lanjut Kapolsek Iptu Eko Suseno, ternyata pelaku merupakan seorang residivis. Pelaku pernah dipenjara atas kasus yang sama, yakni pencurian kendaraan bermotor.

“Pelaku ini seorang residivis. Dia pernah ditangkap atas kasus yang sama,” terangnya.

Atas perbuatannya, polisi menjerat pelaku dengan Pasal 363 ayat (1) ke 3e KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.(dhi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.