Dampingi Tim Kemenhub, Gubernur Sumsel Tinjau Lokasi Pengembangan Terminal Terpadu

ONEWS-ID.COM, PALEMBANG – Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Tim Kementerian Perhubungan RI  melakukan peninjauan Terminal Karya Jaya Kertapati Palembang secara langsung, Sabtu, (19/9/2020).

 

Bacaan Lainnya

Hal tersebut merupakan tindak lanjut setelah dua kali Gubernur melakukan rapat secara virtual membahas tentang perencanaan pengembangan Terminal Terpadu Antarmoda/Multimoda Karya Jaya Pemprov Sumsel.

 

Dalam kesempatan itu, HD (sapaan akrab Gubernur Herman Deru-red) mengatakan bahwa pengembangan terminal Karya Jaya Kertapati untuk dikelola menjadi terminal terpadu yang nantinya terintegrasi dengan tiga fasilitas moda transportasi yaitu kereta api, angkutan air dan juga angkutan darat.

 

“Dalam pengembangan Terminal Karya Jaya, memanfaatkan aset dan aktivitas yang sudah  ada dan  disesuaikan dengan master plan. Jadi bukan bangun baru dengan rencana baru,” katanya.

HD mengatakan manfaat yang diharapkan dari hal ini adalah untuk mengurai kepadatan lalu lintas dalam kota. 

 

Ia pun berharap agar tahun 2021 ini dapat dimulai pembangunan, dan Pemprov Sumsel maupun Pemkot Palembang juga siap menjadi pelaksana dalam keputusan yang dihasilkan nantinya.

 

“Harapan kita bersama masyarakat  pelaku usaha  menginginkan ini menjadi sebuah kawasan bukan hanya terminal terpadu intermoda. Tujuannya yaitu agar terpadu komoditas, terpadu juga angkutan. Saya ingin pemanfaatan aset ini dilakukan dengan maksimal,” ungkap HD.

Sementara, Guru Besar Universitas Sriwijaya, Prof. Ir. Hj. Erika Buchari, M.Sc, Ph.D dalam kesempatan itu, juga memaparkan rencana-rencana pembangunan dan manfaat yang akan diperoleh apabila pembangunan ini berjalan, perlu dilakukan berbagai persiapan, peninjauan, dan koordinasi yang baik

 

Sedangkan, Direktur Prasarana Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Muhammad Rizal Wasal mengatakan agar pihak Pemprov dan juga Perkeretaapian dapat memberikan pemaparan yang lebih mendetail pada setiap detail lokasi yang akan dikembangkan agar nantinya terminal yang dibangun benar-benar dimanfaatkan sebaik mungkin.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Para Kepala OPD Sumsel. (ril/dhi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.