Bupati Ogan Ilir Panca Jabat Ketua Tani Nelayan Sumsel Siap Buka Lapangan Pekerjaan

Spread the love

ONews-id.com (Ogan Ilir)-Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar diusung menjadi Ketua pemuda tani nelayan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2023 sampai 2028.

Menurut Panca alasannya mau menerima menjadi ketua pemuda tani nelayan Provinsi Sumsel tidak lain mulai dari Kakek dan orang tua yang peduli terhadap pertanian.

“Bukan hanya peduli saja terhadap pertanian, namun mereka sendiri sudah melakukannya sendiri untuk manfaat masyarakat dan tentunya kita ini ada 17 Kabupaten/Kota untuk KTNA pemuda yang ada dan mempercayai saya menjadi ketua pemuda tani┬ánelayan provinsi sumsel,” ucap Panca, Rabu (15/3/2023).

Panca juga berharap dukungan dari seluruh KTNA yang ada di Sumsel bagaimana dalam memetakan pertanian yang ada di provinsi sumsel.

“Saya juga berharap dukungan dari seluruh KTNA yang ada di Sumsel karena pemuda tani bukan hanya menanam dan memanen saja tapi bagaimana dari hulu sampai hilir dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di bidang pertanian dan juga membuka seluas-luasnya lapangan pekerjaan,” bebernya.Panca juga akan mengembangkan setiap kecamatan untuk memetakan potensi hasil pertanian di Sumsel dari hulu sampai hilir dalam memenuhi bahan pokok dipasaran.

“Saya ingin memetakan potensi hasil pertanian di sumsel dari hulu sampai hilirnya jangan sampai seperti bahan pokok sayur mayur mengambil dari provinsi lain dan disinilah bagaimana kita harus bisa memanfaatkan sumber daya alam kita dan Sumber Daya Manusia sesuai dengan program provinsi sumsel gerakan sumsel peduli pangan dengan melibatkan petani muda,” jelasnya.

Soal kenaikan harga dan kelangkaan pupuk, Bupati Panca minta petani muda harus bisa mencari solusi sehingga tidak tergantung dengan hal tersebut.

“Petani muda harus bisa mencari solusi soal kenaikan dan kelangkaan pupuk agar tidak ketergantungan, kalau hanya mengandalkan bantuan pemerintah saja saya rasa tidak akan terpenuhi oleh karena itu petani muda harus memiliki inovasi,” tungkasnya. (Helen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *